Android Emulator dengan Genymotion

Info ini saya dapatkan saat ingin mencari emulator android yang bagus untuk dipasang di laptop saya, setelah cukup lama browsing, akhirnya saya menemukan emulator yang cukup baik untuk dicoba: Genymotion. Aplikasi ini dibuat untuk membuat Sistem Operasi Android berjalan di komputer anda dengan metode virtualisasi dengan menggunakan Android SDK Tools & Virtualbox sebagai VM.

Sudah banyak emulator Android yang beredar di internet, ada yang pakai bluestack, Manymo, dan ada juga emulator bawaan dari Android SDK Tools nya. Tapi menurut saya, Genymotion merupakan salah satu emulator terbaik yang perlu anda coba. Mengapa? Salah satunya karena genymotion menyediakan beberapa paket device yang akan anda install dengan one click install & mudah untuk digunakan pastinya.

Kebutuhan

  1. Unduh Genymotion
  2. Unduh Android SDK Tools

Instalasi

Setelah anda mengunduh Genymotion, lakukan instalasi seperti biasanya, sampai anda mendapatkan tampilan seperti berikut:

Unduh juga Android SDK Tools, ekstrak zip setelah selesai download

Saya ekstrak Android SDK Tools (adt-bundle-mac-x86_64-20130729.zip) di  /Users/ahmadfauzi/dev/adt-bundle-mac-x86_64-20130729 

 

Setelah itu, klik tombol “Menu“, lalu “Settings” di aplikasi genymotion seperti gambar dibawah:

Lakukan definisi path ke Android SDK Tools yang sudah anda ekstrak sebelumnya sampai anda mendapatkan ceklis di option “ADB from Android Developer Tools successfully found“:

Setelah itu, klik tombol “Add“, anda diwajibkan untuk login dengan akses pada saat anda mendaftar di genymotion. Lalu anda akan dihadapkan halaman berikut:

Pilih versi & tipe android yang akan anda install di form: “Virtual device available from the Genymotion Cloud:“, pilihlah device dengan pilihan with Google Apps, karena dengan Google Apps, memudahkan anda untuk dapat langsung install aplikasi android. Setelahnya, konfirmasi apakah anda akan install android:

Klik “Next“, lalu genymotion akan melakukan proses unduh versi android yang sudah anda pilih:

Setelah proses unduh selesai, lakukan konfigurasi terhadap perangkat android yang akan anda install; Berikan nama untuk perangkat android anda:

Deployment selesai:

Sekarang saatnya untuk mulai menjalankan perangkat, double klik perangkat yang akan anda jalankan:

Booting up…

Selesai…

Kelemahan

Genymotion membutuhkan ruang harddisk & memory yang cukup besar (saat ini saya menggunakan 4Gb RAM & 128Gb SSD), ini dikarenakan genymotion menggunakan VM untuk dapat beroperasi.

Kesimpulan

Genymotion adalah sebuah emulator android yang mudah digunakan, dengan genymotion, anda dapat memasang perangkat android di komputer anda. Anda juga dapat memasang lebih dari 1 perangkat, contoh diatas saya memasang perangkat android tipe tablet, anda juga dapat memasang tipe candybar biasa, ini bergantung dari kebutuhan anda menggunakan perangkat: sebagai Application Tester, End User, atau pakai genymotion ini memang karena tidak punya android 😀

Tertarik untuk mencoba? 🙂

Content Protection by DMCA.com