Belajar C++

Hari pertama masuk kuliah, langsung dihadapkan sama pelajaran yang ngotak: Algoritma dan pemrograman, hayyah.. baru juga kemarin belajar flowchart, sekarang udah mikir-mikir lagi. But, ada yang beda kalo sekarang, Borland C++, lumayan ngerti kalo dipandang dari core, udah ada backup sblmnya, (walau dulu belajar Turbo Pascal) tapi satu flow sama C++, yang membedakan hanyalah struktur penulisannya aja.

Dilihat dari listing program, struktur dasar penulisan program cukup menarik bagi saya, selain dari Regular Expression yang unik, bahasa pemrogaman ini cukup setara tingkat alurnya dengan bahasa pemrograman lain, seperti Borland Delphi, Turbo Pascal (karena memang 1 development) hehe 😀

C++ sangat tersentuh dengan message box, dimana kita akan melakukan running program, maka ketika ada satu syntax yang miss/error, maka message box ini berfungsi untuk memberi arahan kepada error mana yang harus kita perbaiki.

Yang menarik lainnya dari aplikasi ini adalah Compiling dan Running program, dimana setelah kita selesai membuat listing program, ketika itu langsung program kita compile, setelah proses compile Success/berhasil, maka program siap untuk di Run/dieksekusi.

Berikut adalah simple program untuk menampilkan output: Hello World

Ketika kita Compile (Project > Compile) atau (Alt+F9), maka tertampil hasil sbb:

Gb. 1. Proses Compile

Dan ketika program dieksekusi (Script > Run) atau (Ctrl+F9), maka tertampil:

Gb. 2. Proses ketika program dieksekusi

C++ juga memiliki komentar untuk memberi tahu kepada si-pelihat code untuk listing programnya, // digunakan untuk 1 baris saja, atau /* */ untuk komentar yang lebih dari 1 baris

Tertarik untuk mencoba? 🙂

Content Protection by DMCA.com