Install Ubuntu Server 10.04 di Hyper-V

Tidak semua VM menyediakan virtual ethernet yang langsung dapat digunakan pada guest OS. VM yang paling sering digunakan seperti Oracle Virtual Box atau VMWare sudah membuatkan virtual ethernet yang langsung dapat digunakan oleh guest OS, sehingga ketika menginstall OS di guest, user tidak perlu repot untuk menentukan network mode: NAT, Bridged, Host-Only atau Internal

Microsoft mengeluarkan Hyper-V Server 2008 R2, produk microsoft yang dibuat untuk sistem virtualisasi, sama halnya seperti Virtual Box atau VMWare, hanya saja, Hyper-V memiliki beberapa fitur yang jelas membantu user untuk membuat guest OS aman untuk dikendalikan: live migration dan failover clustering.

Akan tetapi, ketika saya coba install guest OS ubuntu server di Hyper-V, ubuntu tidak mendeteksi adanya ethernet yang terpasang. dan setelah saya cari tahu, ternyata microsoft Hyper-V menyediakan driver khusus untuk guest OS linux yang terpisah untuk dikonfigurasi secara manual. Hal ini cukup menantang, pada linux kernel versi 2.6.32, berisikan driver untuk synthetic Hyper-V, virtual machine (termasuk VMBus), storage, dan network komponen. Detailnya adalah:

Pengertian dari ke-4 modul diatas dijelaskan di artikel ini.

Ya, ke-4 modul driver diatas harus ditambahkan secara manual kedalam guest OS linux distro apapun.

Menambahkan Modul

Setelah Anda mengkonfigurasi Hyper-V untuk guest OS linux ubuntu server Anda, jalankan guest OS, dan lakukan beberapa perintah berikut (Anda dapat menggunakan terminal (Jika ubuntu desktop) dan editor kesayangan Anda (Saya menggunakan nano))

Tambahkan baris berikut di baris paling akhir

Save editor

Kemudian update initramfs image

Setelahnya, ubah konfigurasi jaringan Anda, untuk pertama kali (setelah Anda update initramfs) nama NIC.nya adalah seth:

Ubah sesuai dengan kebutuhan Anda:

Atau jika menggunakan IP Address statik:

Save editor, kemudian restart

Setelah berhasil restart, cek apakah ke-4 modul driver sudah berhasil ditambahkan:

Prosedur Tes

Saya menggunakan ubuntu server 10.04 (ubuntu-10.04–server–i386.iso) yang berjalan di Hyper-V.

Saat proses install, ubuntu tidak mendeteksi adanya network interface, ini wajar, pilih <Continue>

Ketika ubuntu pertama kali berhasil di install, edit /etc/initramfs-tools/modules kemudian update initramfs

Simpan, kemudian edit /etc/network/interfaces, dengan ethernet name seth0

Setelah itu, restart guest OS dan cek ketersediaan modul dengan lsmod | grep hv_

Hyper-V banyak digunakan di kalangan server tingkat atas, karena membutuhkan performa yang juga benar-benar tinggi untuk memenuhi kebutuhan sistem Hyper-V itu sendiri.

Troubleshoot

– Jika setelah restart NIC tidak mendeteksi adanya seth0, ubah menjadi eth0
– Jika ke-4 modul tidak terdeteksi dengan  lsmod | grep hv_  meskipun sudah restart, periksa kembali file /etc/initramfs-tools/modules

Selamat mencoba 🙂

Content Protection by DMCA.com