Install WordPress di Linux

Walau artikel ini dapat dikatakan basi, tapi masih banyak yang nanya nih, bagaimana cara install wordpress atau lain kata WP, ya, sebuah blog populer yang sering digunakan orang banyak ini membuatkan paket versi unduhan untuk dipakai khalayak banyak. Bagaimana tidak, blog sangat penting bagi seorang IT, selain dimaksudkan untuk curhat, cari uang, blog juga digunakan sebagai sharing ilmu dari hasil experiment yang telah berhasil dilakukannya.

Ok, langsung aja, buka terminal anda, kemudian login sebagai user root, dan lakukan download versi terakhir wordpress dengan perintah:

Setelah selesai, install paket aplikasi server dengan perintah berikut:

Anda akan ditanyakan password untuk MySQL dalam proses instalasi, isikan dengan kehendak anda. Setelah paket tersebut selesai terinstall, lakukan copy file tersebut ke Direktori root apache anda (secara default terletak di /var/www) dan pindah ke direktori /var/www:

Setelahnya, lakukan ekstrak file zip anda tadi:

Jika paket unzip belum terinstall, install dengan perintah:

Lalu akan terekstrak folder bernama wordpress di /var/www anda. Lakukan perubahan file permisi:

“wordpress” adalah nama folder dari hasil ekstrak latest.zip. Setelah itu masuk ke konsol MySQL untuk membuat database baru, database yang telah dibuat tidak perlu diisikan tabel apapun, wordpress akan mengisikan secara otomatis kepada database kosong yang anda buat:

Setelah masuk ke konsol MySQL, buat database baru:

Lalu buka browser kesayangan anda dan arahkan alamat URL ke IP komputer yang diinstall wordpress, sebagai contoh saya menginstall di komputer sendiri, buka http://localhost/wordpress, lalu anda akan dihadapkan dengan wordpress install:

Buat file konfigurasi baru

Permulaan

Masukkan dengan konfigurasi anda

Lakukan Instalasi!

Masukkan Informasi Anda

Konfirmasi Login WordPress Anda

Login dengan menggunakan username dan password Anda

Ok, Selamat mencoba 🙂

Content Protection by DMCA.com