Kaos Kode, Sebuah Revolusi Kaos

Nama ini gue ambil dari gabungan sebuah teknologi dan fashion. Kalo diliat-liat, ngga ada desain yang tertanam di sebuah produk yang lagi gue kembangin ini. Meskipun banyak orang beli kaos liat dari sisi desain dan fashion, tapi produk yang coba gue kembangin ini mengandung arti dari nama “kode” itu sendiri.

Berawal dari tugas kampus, ceritanya gue dapet tugas kelompok yang mengharuskan riset atau kembangin sebuah usaha buat nantinya di presentasikan, jumlah anggota gue saat itu 6 orang, dan gue sebenernya udah punya gagasan buat jadiin bahan apa yang nantinya gue terapkan ke temen-temen kelompok. gue bilang ke mereka, “kalo cuman riset doang, sama aja kita jadi marketing perusahaan orang (sambil becanda sih gue ngomongnya.. hehehe). Daripada riset, gimana kalo kita bikin usaha?”. Terus gue jelasin deh plot usaha yang gue maksud.

“Jadi intinya kita akan bikin kaos, dimana di kaos itu ada kode QR yang bisa di artiin pake QR code reader”, setelah gue jelasin panjang lebar, akhirnya mereka sependapat sama gagasan gue, cuman karena ini proyek pertama gue dan kelompok gue, jadi harus dicoba dulu bikin kaosnya, di scan pake QR code yang bisa di install di pelbagai macam hp, dan diperhitungkan pros dan cons yang mungkin aja terjadi suatu waktu.

Alhasil inilah desain yang udah gue rancang:

Tampak desain kaos bagian depan

Tampak desain kaos bagian belakang

Tujuan utama dari kenapa gue pengen bikin kaos ini sebenernya cuman pengen bikin sebuah kaos yang sociable, kata lainnya yang menjadi penasaran orang dan punya arti didalemnya. Selain itu, kaos ini juga berguna buat acara2 khusus, seperti syarat untuk event registration, yang bisa dibubuhkan ID atau nama orang tersebut menjadi sebuah kode. Selain Nama, kode juga dapat menampung Alamat web, SMS, Teks biasa atau nomor telepon. Yang jika dimaksudkan dari masing-masingnya adalah:

  1. Alamat web
    Reader akan langsung mengarahkan ke alamat web yang dituju jika sudah berhasil membaca kode
  2. SMS
    Reader akan langsung mengirimkan SMS ke nomor yang sudah ditetapkan saat membuat kode jika sudah berhasil membaca kode
  3. Teks biasa
    Reader akan menampilkan teks biasa yang sudah dibuat saat membuat kode jika sudah berhasil membaca kode
  4. Nomor Telepon
    Reader akan menampikan pilihan: Call/Save nomor jika sudah berhasil membaca kode
  5. Social
    Ini yang paling penting, sekarang udah mulai jaman social.. Saatnya beralih ke metode yang sociable, jelas dapat langsung dibuatkan linknya dengan kode QR.

Hal ini ngga menutup kemungkinan gue buat jadiin produk dan gue jadiin toko online, http://kaos-kode.com web yang gue bikin buat yang pengen order kaos ini.

Kira-kira seperti itulah desain dan komposisinya.. Yang pada dasarnya, ide kaos kode ini gue keluarin dari unek-unek buat tugas kuliah, dan usaha untuk kedepannya.. Semoga.

Plot proses pendaftaran di Kaos Kode

Cara baca kodenya dengan menggunakan QR code reader, dapat di install di pelbagai jenis smartphone yang sudah sering anda pakai; Android, BlackBerry, Nokia, dan iPhone.

Contoh cara scan dan hasil scan

Masih bingung ya?? 😀 Buat anda yang pengen coba ‘n memperjelas, download & install aplikasi QR code reader berikut:

  • Download buat Nokia:
  • Download buat Android:
  • Download buat BlackBerry:
  • Download buat iPhone:

Kalo udah di download, buka aplikasi QR code readernya, terus hadapkan ke contoh QR code dibawah ini:

Anda seharusnya dapet pesan: Hello, welcome to Kaos Kode 🙂 setelah berhasil membaca kode tsb. buat lebih jelasnya, kunjungin aja webnya di: http://kaos-kode.com

Oh ya, ini slide presentasi bareng gue sama kelompok gue 😀


Content Protection by DMCA.com