Konfigurasi Virtual Host di Ubuntu

Virtual Host atau yang sering disebut dengan VHost bagi sebagian banyak orang adalah sebuah mapping direktori dari domain maupun sub-domain yang diterima sebelumnya dari DNS. VHost terletak di server, dimana yang telah dibubuhi IP Address dan domain diarahkan kepadanya.

Dari nama domain, arahan selanjutnya adalah DNS atau NS (Domain Name Server), di DNS, baru nama domain tersebut di mapping akan diarahkan ke IP Address publik (server) yang telah ditentukan. Setelah sampai di server, baru kemudian nama domain tersebut akan dimapping ke direktori, bersama dengan log error dan aksesnya.

Berikut adalah contoh diagram untuk VHost:

Mapping diagram Virtual Host

Konfigurasi VHost terletak di webserver, yang biasa sering kita gunakan diantaranya adalah Apache, software yang dapat didapat langsung dari situs www.apache.org ini telah banyak dikenal dunia. Jelas, Aplikasi gratis dan paling banyak digemari orang banyak ini membuat mereka terbantu dengan proyek-proyek nya

Hal pertama yang harus anda lakukan adalah mengarahkan NS dari domain yang anda miliki ke server yang telah anda konfigurasi (tentunya yang telah memiliki IP Address public). Kemudian install webserver, login sebagai user root:

Kemudian install paket apache:

Setelah proses instalasi selesai, masuk kedalam direktori Apache:

Di direktori ini ada dapat melihat direktori sites-available dan sites-enabled, direktori sites-available adalah tempat master konfigurasi Virtual Host, dan sites-enabled adalah symbolic link (lebih familiar: shortcut) dari Virtual Host dari konfigurasi yang berada di sites-available.

Masuk ke direktori sites-available:

Buat file dengan perintah: #touch <namadomain anda>, sebagai contoh, saya akan mengkonfigurasi domain ahmadfauzi.id:

Kemudian edit file tersebut:

Lalu tambahkan konfigurasi berikut:

Sesuaikan huruf berwarna merah dengan konfigurasi anda. Setelah itu simpan dan kemudian edit apache2.conf dengan editor kesayangan anda (saya menggunakan nano):

Scroll ke baris yang paling bawah, dan tambahkan konfigurasi berikut:

Kemudian lakukan perintah:

Itu bermaksud mengaktifkan atau meng-enable-kan VHost yang baru saja dibuat. Kemudian lakukan perintah:

Untuk me-reload konfigurasi apache2, dan restart apache dengan perintah:

Jika masih failed, cek direktori-direktori path anda setelah itu, dengan konfigurasi VHost diatas, berarti ketika ada public user mengakses domain ahmadfauzi.id, maka akan mengakses semua file di public_html anda di /home/fauzi/public_html/, dan semua log error anda tersimpan di /home/fauzi/logs/www/error.log, log akses anda di /home/fauzi/logs/www/access.log

Selamat mencoba, semoga sukses 🙂

Content Protection by DMCA.com