Proxmox: VM Debian Lenny plus backup berkala

Sebenarnya kejadian ini bermula pada saat salah satu mesin server BKKBN, prov.bkkbn.go.id terkena serangan hack yang sering terjadi, karena keseragaman itu, maka saya mendapatkan inspirasi bersama kerabat kerja untuk menggunakan Proxmox, salah satu Sistem Operasi yang digunakan banyak orang untuk Virtualisasi OS, atau yang lebih dikenal sebagai Virtual Machine (VM). Virtual Machine yang sering kita gunakan melalui Desktop, Proxmox adalah salah satunya yang menggunakan CLI. Ini terdengar aneh, karena pada fikiran yang tertuju adalah bagaimana cara untuk mengkonfigurasi, memanage, dan mengatur semua yang ada dalam OS virtual.

Proxmox terkenal kehebatannya karena berjalan di aplikasi Open Source/Gratis, dan lebih hebatnya lagi, proxmox dapat mengkonfigurasi virtual machine dalam sebuah aplikasi web! Selain itu, penggunaannya jelas dengan beberapa tutorial dari situs resminya.

Dalam penggunaannya, Proxmox dapat membuat 2 jenis virtual machine, OpenVZ dan KVM, yang sudah diketahui sebelumnya, OpenVZ adalah virtualisasi OS yang mencakup keseluruhan untuk semua distro linux

Kelebihan lain yang dimiliki adalah backup, backup yang dikerjakan oleh proxmox adalah 1 mesin langsung, jadi ketika waktu backup tiba, proxmox akan membackup 1 ID mesin yang dijadikan sebagai guest, sebanyak bergantung anda memilih mesin mana saja yang akan dibackup.

Referensi: http://www.proxmox.com/

Content Protection by DMCA.com