Redirect URL non-www ke www dengan .htaccess

Kadang sebuah website memiliki 1 nama domain dengan 2 sub-domain hingga memunculkan tampilan yang sama, contoh.com dengan www.contoh.com. Banyak pengguna mengakses contoh.com, juga ada juga yang langsung mengakses www.contoh.com dalam pengetikan nama domain di kolom alamat URL di masing-masing web browser.

Pada kasus kali ini, ada hal/cara untuk mengarahkan nama domain langsung dari non-www ke www, yakni dengan cara menambahkan baris berikut kedalam file .htaccess:

  1. Buat file dengan nama “.htaccess” (tanpa tanda kutip)
  2. Isi file tersebut dengan konten berikut:
  3. Unggah/Upload file tersebut kedalam direktori root website Anda
    Jika sebelumnya website Anda sudah memiliki file .htaccess, maka tambahkan baris diatas kedalam file yang sudah ada

Baris diatas akan mengarahkan alamat URL ke www.ahmadfauzi.id jika pengguna mengakses ahmadfauzi.id. Dengan menerapkan metode ini, Anda memiliki beberapa keuntungan:

  1. Menghindari duplikat konten di mesin pencari
  2. Menghindari kemungkinan split peringkat halaman dan atau split popularitas link
  3. Lebih baik dan lebih konsisten

Perhatikan: Jika situs Anda telah ter-indeks oleh Google dengan nama domain non-www dan Anda menerapkan ini, maka tidak menutup kemungkinan Anda akan kehilangan PageRank Anda. Tapi ini menjadi isu sementara, karena langkah diatas adalah permanent redirect, dimana Google akan mentransfer PageRank dari non-www ke www

Lantas bagaimana jika saya akan mengarahkan dari www ke non-www?

Jika Anda akan melakukan pengarahan domain dari www ke non-www, cukup sederhana, tambahkan baris berikut kedalam file .htaccess:

Hal tersebut akan mengantarkan Anda ketika mengakses domain dengan www ke non-www. Dan jangan lupa untuk mengubah ‘ahmadfauzi.id‘ dengan domain Anda!

Selamat Mencoba 🙂

Content Protection by DMCA.com