Tentang Function str_replace()

Tahukah Anda tentang function str_replace() ? Bagi yang sudah familiar dengan PHP tentu pernah mengenal function yang satu ini. Apabila belum pernah dengar sebelumnya, maka simak artikel ini.

Artikel ini akan menjelaskan tentang apa itu function str_replace(), kegunaannya serta contoh pemakaiannya dalam script.

Function str_replace() dalam PHP termasuk function dalam kelompok pengolah string. Function str_replace() digunakan untuk mengganti substring tertentu dalam suatu string. Bingung? OK ini saya ambil contoh.

Diberikan sebuah string misalnya “SAYA SANGAT LAPAR SEKALI”. Kebetulan saat menulis artikel ini, memang saya sedang lapar-laparnya πŸ™‚ Nah… selanjutnya saya akan mengganti semua substring “SA” dengan “MA” pada string yang diberikan. Sehingga akan dihasikan string baru “MAYA MANGAT LAPAR SEKALI”. Dalam PHP, proses penggantian substring ini dapat dilakukan dengan perintah str_replace() ini.

Bagaimana dengan sintaksnya? Berikut ini adalah sintaks dari function str_replace()

dengan a adalah substring yang akan diganti, b adalah substring pengganti, dan c adalah string awalnya

Contoh penggunaan pada kasus di atas:

Maka ketika di echo, akan menghasilkan sebuah tetapan “MAYA MANGAT LAPAR SEKALI”

Lantas bagaimana kalau yang akan diubah adalah banyak, cukup menambahkan array saja sebelumnya, contohnya, kita akan mengubah string spasi, !, @, $, &, /, \, % menjadi – atau _, maka penggunaan str_replace();nya adalah:

Maka string “SAYA SANGAT LAPAR SEKALI” akan menghasilkan “SAY—A–AT-LAP-R-SE-ALI”

Selamat mencoba πŸ™‚

Content Protection by DMCA.com