Tiru browser lain dengan User Agent Switcher

Kita udah ga asing lagi denger kata2 browser, gerbang buat gue dan anda menjelajah dunia web. Di tiap perangkat, dari semua jenis Laptop, BlackBerry, Android, iPhone, iPod, bahkan sekarang udah ada internet TV sudah tertanam browser bawaan. Dan gue sebagai web developer, wajib punya seengganya 5 browser di install di komputer buat testing web yang gue buat. Kalo pake firefox tampilannya bagus, belom tentu pake chrome juga bagus, kalo pake chrome bagus, belum tentu juga pake safari bagus.. Semuanya bergantung kepada gimana gue rancang struktur HTML & CSS dengan baik dan benar.

Yang paling populer saat ini adalah firefox, jenis browser gratisan ini banyak dipake sama banyak user buat menjelajah web. Tapi ada browser lain yang banyak juga dipake sama banyak user, siapa yang ga kenal Google Chrome? Web browser yang sekarang sudah di bundling dengan Chrome OS. Nah, daripada gue dibingungin sama banyak browser, mending gue download semua tuh browser, dari Safari (bawaan), Chrome, Firefox, Opera dan Camino.

Okeew, browser udah solve, gue bisa liat hasil web yang dibuat di tiap2 browser di 1 komputer yang sama, tapi masih ada masalah lagi; gimana caranya gue bisa buka hasil web di BlackBerry, Android, Nokia, iPhone, iPad atau yang lainnya? Terus gue harus punya semua tuh perangkat? Nah.. Buat ngatasin masalah itu, gue ga perlu repot buat harus beli semua tuh perangkat (bilang aje gapunya duid.. hehehe). Gue nemuin add-ons buat niru dan nyatakan seakan2 gue buka website di macam2 perangkat, namanya User Agent Switcher, Add-ons ini cuma jalan di Firefox, buat Chrome cek disini.

Pada dasarnya, add-ons ini berfungsi untuk memanipulasi dari browser dan mengirimkan User Agent kepada web server yang kita tuju sebagai User Agent yang kita pilih di add-ons ini.

Untuk mulai mencoba add-ons ini, anda membutuhkan:

  1. Mozilla Firefox
  2. User Agent Switcher add-ons, dan
  3. List User Agent

List User Agent adalah sebuah file .xml yang didalamnya sudah terdaftar semua User Agent. Untuk menambahkan List User Agent, anda perlu meng-import file .xml tersebut kedalam add-ons:

Edit User Agents...
Klik Edit User Agents…
Klik button Import...
Klik button Import…, lalu pilih file .xml yang sudah didownload sebelumnya
User Agent berhasil di import
User Agent berhasil di import
User Agent Switcher
User Agent Switcher

Di User Agent Switcher, bukan cuman OS aja yang bisa diganti, tapi anda juga bisa memilih dan membedakan Browsers, Devices, OS, Services, WAP Phones, dan masih banyak sub menu lain sesuai dengan kebutuhan anda.

Tampilan Facebook dengan menggunakan User Agent Nokia 6100
Facebook dengan menggunakan User Agent Nokia 6100
Tampilan Facebook di User Agent Nokia N8
Facebook dengan menggunakan User Agent Nokia N8
Youtube dengan menggunakan User Agent Samsung Galaxy S2
Youtube dengan menggunakan User Agent Samsung Galaxy S2

Semoga bermanfaat 🙂

Content Protection by DMCA.com